Rabu, 01 Juli 2009

SERAT JAONORI


Diantara zat-zat gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin dan lainnya, serat makanan kurang diperhitungkan. Padahal tidak sedikit manfaat serat makanan dalam menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit dan untuk terapi pengobatan.

Serat makanan, antara sayur dan buah?

Serat pada makanan dibedakan atas 2 jenis, yaitu serat yang larut dalam air dan yang tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air bersifat mudah dicerna dan yang tergolong dalam serat ini seperti pektin (misalnya buah-buahan apel, stroberi, jeruk), musilase (misalnya agar-agar dari rumput laut) dan gum (misalnya oat, biji-bijian, kacang-kacangan, psyllium dan rumput laut).

Sedangkan serat yang tidak larut dalam air tidak mudah dicerna oleh tubuh dan yang tergolong dalam serat tidak larut ini adalah selulosa (misalnya wortel, bit, umbi-umbian, bekatul), hemiselulosa (didapat pada kulit ari yang menutupi beras atau gandum) dan lignin (terdapat pada batang, kulit dan daun sayur-sayuran).

Serat karagenan adalah ekstraksi rumput laut kering Eucheuma dengan air atau aqua alkali. Serat ini dipergunakan luas sebagai gel, stabilisator, bahan penebal dan pembentuk tekstur dalam industri makanan. Karagenan juga digunakan untuk mengontrol kandungan kolesterol dalam makanan karena kemampuannya mengurangi jumlah lemak makanan.

Kebutuhan serat yang ideal?

Para ahli merekomendasikan seorang dewasa untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25-35 g/hari, namun tidak semua orang memiliki kebutuhan serat yang sama. Secara umum, tubuh kita membutuhkan sekitar 10-13 g serat untuk setiap 1.000 kalori makanan yang dikonsumsi.

Semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi, maka kandungan seratnya pun semakin banyak, disamping jumlah porsi yang dimakan. Memang untuk memenuhi kebutuhan serat yang dianjurkan di atas (25-35 g/hari), kita harus mengkonsumsi sekitar 500 g sayuran dan 250 g buah per hari. Karena kebiasasaan kita mengkonsumsi sayur dua kali dalam sehari yaitu pada waktu makan siang dan malam, maka sekali mengkonsumsi sayur sebaiknya sekitar 250 g.

Tidak ada komentar: